Kamis, 27 September 2012

Tuning up your car's audio (Freq Distribution Table)

Sesudahnya prose belanja perangkat audio dirasa cukup dan mumpuni (duitnya dah abis..) selanjutnya untuk mendapatkan suara indah/suara yang maksimal diperlukan proses seting perangkat tsb (gaya belanja dulu baru seting belakangan).

Pada dasarnya ada 2 step utama yang diperlukan (proses ini cocok bagi pemula yang sedang belajar menseting audio mobil);
- Menseting Tonal Balance yang baik dan pas bagi kuping yang mendengar, biasanya dengan menggunakan eq dengan jumlah Chanel yang banyak akan lebih mudah mendapatkan tonal balance yang diinginkan.
- Mendapatkan efek Staging dan Imaging yang cocok, efek staging adalah efek adalah suara yang dihasilkan perangkat audio seperti layaknya suara di panggung, studio musik ataupun dilokasi lain dimana alat musik dimainkan. Staging yang baik bahkan bisa membantu pendengarnya untuk mengimajinasikan dimensi ruang proses alat musik dimainkan.

Seting dasar tonal balance;
Untuk mendapatkan tonal balance yang diinginkan lakukan pengaturan dengan merubah equalizer dari nada bass, midle samapai treble. Sebagai panduan dibawah ini dilampirkan juga  table Frequency Distribusi masing-masing alat musik. (tabel berikut bisa digunakan sebagai alat bantu untuk mendapatkan tonal balance yang diinginkan)
Sedangkan untuk membantu mendapatkan suara yang jernih tanpa distori bisa juga dilakukan dengan menseting cross over active/pasive yang dimiliki;
- Cutting Front kisaran 60Hz (Cutting HPF 60Hz berarti Freq dibawah  60Hz dibuang, angka preq bisa dirubah tergantung kemampuan alat yang digunakan dan tentunya karakter suara yang diinginkan)
- Cutting Sub kisaran 60Hz (Cutting LPF 60Hz berarti Freq diatas  60Hz dibuang, angka freq bisa dirubah tergantung kemampuan alat yang digunakan dan tentunya karakter suara yang diinginkan)
Sehingga didapat pembagian keluaran suara seperti berikut;


--config pemula--
- HU ALPINE IVA W520
- EQ PPI EQ31 (Masih cari2)
- PreAmp RockFord Fosgate PA-1HD
- SoundProcessor (belom ada)
- PA JBL GT 5-A604
- FRONT GTO-608c
- REAR JBL GT5-652
- SUB JBL Basspro II
- Mobil Suzuki Kebo

Share:

0 komentar:

Posting Komentar