Selasa, 25 September 2012

SOA (Service Oriented Architecture)

Hasil ngelmu di internet, biar gak lupa paling gampang ditulis ( :-)

SOA atau Service Oriented Architecture merupakan suatu gaya Architecture sebuah System Informasi yang mengutamakan Services. Atau dengan kata lain dengan menggunakan metoda/cara SOA maka System Informasi yang diberikan kepada users/pengguna akan lebih berorientasi terhada services (lebih flexibel dalam meberikan ragam services).

Salah satu contoh keuntungan SOA yang dapat diaplikasikan terhadap perusahaan; adalah sangat dimungkinkannya bussines process System Informasi/Core System untuk dirubah mengikuti perkembangan/perubahan bussines process yang di tetapkan perusahaan.

SOA memungkinkan suatu System Informasi untuk memiliki Dynamic Workflow sehingga System tersebut mudah dikendalikan dan flexyble dalam menerima perubahan WorkFlow.
Untuk meng-enable Dynamic Workflow pada SOA dikenal juga suatu bagian/tools BPM atau Bussines Process Manager yang memungkinkan organisasi untuk mendefinisikan  bussines process terhadap banyak aktifitas dengan mudah.


--diambil dari berbagai sumber dan disimpulkan sendiri, penulis adalah pemula dalam hal SOA, bila ada kesalahan bisa langsung dikoreksi.. -- :_)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar