Kamis, 30 April 2015

Perbaikan darurat Shock/Fork bocor di motor dan Sepeda

Kali ini saya akan berbagi pengalaman dalam melakukan service kebocoran shock-breaker Motor (D-tracker 150cc) dan Shock-breaker Sepeda (Titan Air).

Service kebocoran shock-breaker kali ini terjadi dikarenakan seal shock/seal fork kotor karena sudah terlalu lama pemakaiannya, ataupun seal kotor karena shock-breaker tidak menggunakan pelindung "fork seal protection" seperti merek "SRS" berikut;

Gbr. Contoh "sela mate" bikin dari Botol plastik "coca loca"


Pada dasarnya perbaikan dilakukan dengan cara mencungkil untuk membersihkan seal fork dari kotoran dengan menggunakan "sela mate" DIY (bikin dari bekas potongan botol "coca loca"). pada saat mencungkil pastikan semua kotoran terbuang, dan wajar bila ada sedikit oli yang keluar rembes dari fork pada saat proses pembersihan.

Berikut video tutorial cara menggunakannya. https://www.youtube.com/watch?v=USac5G4SI-U
Yg ini pake rihno https://www.youtube.com/watch?v=TsBEUKUwXXo

Gbr. DIY "sela mate" di Fork Titan Air (work for me)




Gbr. dicoba untuk service kebocoran fork USD Kawasaki D-dtracker 150 dan KLX250s
(2x; work for me)

 Gbr. Tamplate, Print di kertas, samakan panjangnya, jadikan cetakan.
(ada 2 size, ruler nya pake satuan cm)




Dari implementasi di fork D-tracker(kiri-kanan) dan Sepeda (fork titan Air) hasilnya sampai sekarang aman jaya sentosa. Yg di motor sudah lebih dari 1 tahun tanpa kebocoran kembali (fork udah dipasangin fork seal protection.. hhhhh).

Mari berexperiment.
Seperti biasa, do it with your own risk ya.... :_)
Semoga bermanfaat....

###### Rip my Best Friend Indra Ari Widianto 16/04/2015, Semoga Allah menerimamu dengan baik, aamiin..

Share:

0 komentar:

Posting Komentar